Pengalaman Pembuatan Program Aplikasi Edukidz
Pada
post ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengerjakan tugas membuat
aplikasi untuk mata kuliah softskill pada semester ketiga ini, yaitu mata
kuliah Pengantar Teknologi Internet dan New Media. Tugas kelompok yang diberi
oleh dosen softskill kita adalah membuat sebuah aplikasi yang ditujukan untuk
digunakan oleh anak-anak yang duduk dibangku kelas tiga SD.
Kelompok
saya terdiri dari Ari Kurniawan, Ayi Imani, Herdi S., M.Guruh, Trie Fauzan,
Vira Yolanda, dan Yobel Kislew. Pada awalnya kita memiliki banyak ide untuk
aplikasi yang kita akan buat, seperti game puzzle, game menyebrang jalan, dan
kuis pelajaran. Akan tetapi akhirnya kita semua sepakat untuk membuat sebuah
aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran dan bermain sekaligus yang
bernama EduKidz.
Pada
proses pembuatan aplikasi ini cukup rumit karena ternyata banyak dari hasil
kerja kita akhirnya tidak terpakai. Ari dan Herdi menangani aplikasi secara
langsung, Guruh menangani desain program, Trie dan Yobel menangani animasi, Ayi
menangani game, dan Vira dengan saya menangani alur dari program atau flowchart
serta makalahnya. Walaupun kita hampir menyelesaikan flowchartnya, pada
akhirnya hal tersebut tidak diperlukan untuk tugas ini. Tidak hanya flowchart
dan makalah saja yang akhirnya tidak jadi
digunakan, tetapi animasi yang sudah
dibuat oleh Yobel dan Trie pun tidak jadi digunakan.
Edukidz
adalah program aplikasi yang memiliki opsi untuk belajar dan bermain. Pada menu
utama ada 3 opsi yaitu opsi belajar, opsi challenge (tantangan), dan opsi game.
Pada opsi belajar dan challenge terdapat 2 opsi lagi yaitu opsi matematika dan
opsi Bahasa Inggris. Perbedaan dari opsi belajar dan challenge adalah pada opsi
challenge pengguna hanya bias menjawab soal-soal dalam batas waktu 2 menit
sebanyak-banyaknya.
Pada
opsi belajar dan challenge matematika terdapat sub menu yang berisi opsi
penambahan, pengurangan dan perkalian untuk memilih tipe soal-soal yang akan
ditanya. Sama hal nya dengan menu Bahasa Inggris pada mode belajar dan
challenge yang memiliki opsi fruits, vegetable, dan animals.
Pada
opsi game terdapat game yang bernama ‘Bekerja’. Fungsi dari game ini adalah
untuk memberi kesempatan kepada pengguna untuk rileks dan bermain selang waktu
belajar.
Itu
saja yang dapat saya ceritakan tentang pengalaman saya dalam mengerjakan tugas
kelompok Edukidz ini.
Comments
Post a Comment